Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 4, No 1 (2022): Februari

Identifikasi Miskonsepsi Ikatan Kimia Menggunakan Diagnostic Test Multiple Choice Berbantuan Certainty of Response Index

Fadila Karim (Universitas Negeri Gorontalo)
Netty Ino Ischak (Universitas Negeri Gorontalo)
Erni Mohamad (Universitas Negeri Gorontalo)
La Ode Aman (Universitas Negeri Gorontalo)
Yuszda K. Salimi (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Kabila pada materi ikatan kimia dengan menggunakan instrumen Diagnostic test multiple choice berbantuan Certainty of response index. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah Three-tier multiple choice. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Data penelitian ini di peroleh dari jawaban siswa pada soal three-tier multiple choice dan diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang kemudian di kelompokan ke dalam kategori paham konsep , miskonsepsi error 1, miskonsepsi error 2, miskonsepsi error 3 dan tidak paham konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori miskonsepsi error 1 (MK1) 3,22%, miskonsepsi error 2 (MK2) 8,55%, dan kategori miskonsepsi error 3 (MK3) 19,34%. Sedangkan paham konsep 12,55% dan tidak paham konsep 56,32%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...