Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2022): April

Kontribusi Kepemimpinan Transformational dan Komitmen pada Profesi terhadap Disiplin Kerja Guru

Sadianah, Leni (Unknown)
Ruhiat, Yayat (Unknown)
Faturohman, Nandang (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Upaya peningkatan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kedisiplinan guru. Upaya tersebut masih belum maksimal, hal ini dilihat dari masih banyaknya guru yang melanggar kedisipinan kerja tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformational dan komitmen pada profesi terhadap disiplin kerja guru. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini berjumlah 550 orang. Dalam penelitian ini, sampel diambil menggunakan tekhnik proporsional random sampling, sebanyak 165 guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan bantuan aplikasi IBM Statistic SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan transformational terhadap disiplin kerja guru diperoleh persamaan Y=19.700+0,930 dengan koefisien 0,930. Terdapat kontribusi yang signifikan antara komitmen pada profesi terhadap disiplin kerja guru diperoleh persamaan Y=-8.889+1,643 dengan koefisien 1,643. Secara bersama-sama terdapat kontribusi yang sinifikan kepemimpinan transformational dan komitmen pada profesi terhadap disiplin guru diperoleh persamaan Y=-11.086 +0,293+1,294. Hal ini menunjukan bahwa kepemimpinan transformational berpengaruh terhadap disiplin guru dengan koefisien sebesar 0,293, dan komitmen pada profesi (x2) berpengaruh terhadap disiplin kerja guru dengan koefisien sebesar 1,294. Maka, kepemimpinan transformational kepala sekolah dan komitmen pada profesi memberikan kontribusi terhadap peningkatan disiplin kerja guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...