EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Studi Literatur: Implementasi Model Pembelajaran Habit Foarming dalam Penguatan Kedisiplinan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring

Fahrrurozi Fahrrurozi (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Yofita Sari (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Siti Rohamah (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran habit forming dalam penguatan kedisiplinan siswa kelas 5 Sekolah Dasar selama pembelajaran daring. Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya karakter keidisiplinan siswa selama pembelajaran daring akibat covid-19 yang menjadikan pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka di kelas yang kemudian dilakukan secara tatap maya melalui daring. Penelitian ini menggunakan metode studi literature atau penelitian kepustakaan dengan teknik pengumpulan data yaitu analisis isi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa pembiasaan kedisiplinan yang dapat diterapkan selama pembelajaran daring diantaranya pembiasaan disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan dan tata tertib, disiplin sikap, dan disiplin belajar. Hal lainnya yaitu koordinasi guru dan orang tua untuk selalu membiasakan anak melakukan sesuatu dengan tepat waktu, menjadi teladan yang baik untuk anak, serta memberikan apresiasi kepada anak ketika mereka disiplin dan memberikan peringatan ataupun hukuman ketika mereka melaanggardengan adanya pembiasaan-pembiasaan tersebut diharapkan mampu membentuk karakter disiplin pada peserta didik di manapun mereka berada

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...