EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Implementasi Pembelajaran Inovatif Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan

Adrianus Zega (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Konstruksi Bangunan melalui implementasi model Project based learning berbantuan AutoCAD. Subyek penelitian ini adalah 33 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Universitas Nias. Penelitian ini mengikuti pendekatan siklus dan dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Universitas Nias. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan penelitian yakni perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklus I hanya aspek sikap dan keterampilan yang telah memenuhi indicator pencapaian. Aktivitas dan aspek pengetahuan tercapai setelah pelaksanaan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan paradigma pembelajaran project-based learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap pada mata kuliah Konstruksi Bangunan FKIP Universitas Nias.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...