EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Efektivitas Penggunaan Model TGT (Teams Games Tournament) dan Media E-Komika ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa

Nadia Armadani (STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia)
R.A Rica Wijayanti (STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia)
Nur Aini (STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Model TGT (Teams Games Tournament) merupakan salah satu dari model pembelajaran kooperatif yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran karena dituntut untuk berkompetisi secara kelompok dalam menjawab pertanyaan sebanyak mungkin dan tentunya dengan jawaban yang tepat pula. E-Komika merupakan elektronik komik matematika atau media visual yang di dalamnya terdapat sebuah cerita bergambar. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model TGT (Teams Games Tournament) dan media E-komika ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa pada materi baris dan deret kelas XI MA Darul Ittihad Campor Geger. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 43 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas XI IPA I dan 19 siswa kelas XI IPA II MA Darul Ittihad Campor Geger. Intrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar angket minat belajar dan lembar  tes hasil belajar siswa. Pada penelitian ini dilakukan pengujian normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan  hasil diantaranya 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan media E-komika ditinjau dari minat belajar siswa pada materi baris dan deret kelas XI MA Darul Ittihad Campor Geger ; 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan media E-komika ditinjau dari hasil belajar siswa pada materi baris dan deret kelas XI MA Darul Ittihad Campor Geger

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...