EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Terhadap Penyebaran Informasi Pembelajaran

Abdul Rahman (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Amelia Puspita Sari (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat hubungan pemanfaatan aplikasi whatsapp terhadap penyebaran informasi pembelajaran. Metode kuantitatif digunakan untuk menguji hipotesis, apakah ada korelasi antara penggunaan aplikasi whatsapp dengan penyebaran informasi pembelajaran. Partisipan dalam penelitian ini adalah 46 mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2020, hal ini menunjukkan adanya kriteria tertentu untuk populasi sasaran penelitian; jika tidak memenuhi kriteria tidak dapat dijadikan sampel karena berada di luar kriteria populasi sasaran. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data utama. Kuesioner menggunakan skala Likert berupa google formulir yang dikirimkan secara online melalui aplikasi whatsapp. Karena skala likert merupakan data ordinal, maka peneliti menggunakan analisis korelasi Rank Spearman untuk menguji hipotesis hubungan antara dua variabel tersebut. Hasil analisis korelasi Rank Spearman pada SPSS Statistik 26 menunjukkan nilai koefisien korelasi adalah 0,581**, artinya memiliki hubungan yang kuat. Angka koefisien korelasinya positif yaitu 0,581 sehingga hubungan kedua variabel bersifat searah, artinya semakin ditingkatkan pemanfaatan aplikasi whatsapp maka penyebaran informasi pembelajaran juga akan meningkat. Berdasarkan hasil perhitungan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05; maka terdapat hubungan yang signifikan antara variabel penggunaan aplikasi whatsapp dengan penyebaran informasi pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...