EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Studi Literatur : Pemanfaatan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PKn Siswa Sekolah Dasar

Fahrurrozi Fahrurrozi (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Yofita Sari (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Jihan Fadillah (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model Problem Based Learning yang dimanfaatkan dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur. Data yang diperoleh yaitu data sekunder dalam bentuk buku, jurnal, artikel ilmiah dan lain sebagainya yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Data yang diperoleh diproses melalui reduksi data, kemudian dideskripsikan secara ilmiah sehingga diperoleh suatu kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning memiliki tahapan-tahapan dalam pelaksanaannya, yaitu : (1) Orientasi siswa pada masalah, (2) Mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) Membimbing penyelidikan, (4) Menyajikan hasil karya, (5) Mengevaluasi. Melalui tahapan-tahapan tersebut siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran sehingga memperoleh pengalaman yang nyata untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan demikian pemanfaatan model Problem Based Learning pada proses pembelajaran membantu siswa untuk melatih serta meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...