EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pengembangan Modul Elektronik Berbasis SAVI pada Materi Bentuk Molekul

Afif Alwanuddin (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Hairida Hairida (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Maria Ulfah (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Eny Enawaty (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Rahmat Rasmawan (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2022

Abstract

Penelitian dan pengembangan modul elektronik berbasis SAVI pada materi bentuk molekul memiliki tujuan yaitu: 1) Mengetahui validitas modul elektronik berbasis SAVI pada materi bentuk molekul 2) Mengetahui respon siswa terhadap modul elektronik berbasis SAVI pada materi bentuk molekul. Modul elektronik ini dikembangkan untuk membantu siswa dalam mempelajari materi bentuk molekul. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Pontianak kelas X IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Data hasil penelitian diperoleh dari wawancara kepada siswa dan guru, angket validasi, angket uji respon, dan dokumen hasil belajar. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh validator terhadap modul elektronik berbasis SAVI pada materi bentuk molekul menunjukkan bahwa validitas materi sebesar 95,63% (Sangat Valid), validitas grafika 92,36% (Sangat Valid), dan validitas bahasa 95,31% (Sangat Valid). Kemudian, hasil respon siswa sebagai responden terhadap modul elektronik berbasis SAVI pada materi bentuk molekul pada aspek tampilan modul adalah 91.63% (Sangat Baik), aspek penyajian materi 89.36% (Sangat Baik), dan aspek manfaat 88.87% (Sangat Baik).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...