EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Self-Awareness dan Self-Management Mahasiswa dalam Mengikuti Pembelajaran Praktikum Selama Masa Pandemi Covid-19

Lolang Maria Masi (Universitas Nusa Cendana)
Imanuel Lohmay (Universitas Nusa Cendana)
Febriana Febriana (Universitas Nusa Cendana)
Fabiola Verniati Jemadun (Universitas Nusa Cendana)
Juliantary Anggelic Deni Radja (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara Self-awareness dan self-management  mahasiswa BK FKIP Universitas Nusa Cendana dalam mengikuti pembelajaran praktikum selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan mixed method yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data yaitu analisis korelasi product moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusa Cendana. Teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket Self-awareness dan self-management menggunakan google form serta pelaksanaan diskusi FGD (Focus group Discussion) menggunakan aplikasi Zoom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil analisis korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara self awaraness (variabel X) dan self management (variabel Y) yaitu 0,699. Hal  ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara self awaraness (variabel X) dan self management (variabel Y). Sedangkan arah hubungan adalah positif karena nilai r positif. Hal ini berindikasi bahwa semakin tinggi self awaraness maka semakin tinggi pula self management mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran praktikum secara daring selama masa pandemic Covid-19. Hasil analisis FGD yaitu mahasiswa yang memiliki kesadaran diri (self awareness) yang tinggi maka akan mampu mengelola diri (self management) seperti pikiran, perasaan dan sikap dengan baik pula.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...