EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Worksheet Praktikum Embriologi Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Roza Helmita (IAIN Batusangkar, Indonesia)
Atikah Atikah (IAIN Batusangkar, Indonesia)
Siska Fitriani (IAIN Batusangkar, Indonesia)
M Haviz (IAIN Batusangkar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Kemampuan berpikir kritis mahasiswa Jurusan tadris Biologi IAIN Batusangkar pada mata kuliah embriologi masih rendah. Diasumsikan penggunaan worksheet praktikum embriologi berbasis keterampilan pemecahan masalah yang telah dirancang pada praktikum mata kuliah embriologi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan terhadap kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis setelah menggunakan worksheet praktikum embriologi berbasis pemecahan masalah. Adapun penelitian  ini berkategori deskriptif kuantitatif dengan kuasi eksperimen yang rancangannya randomized pretest-posttest control group design. Sampel sebanyak 23 mahasiswa yang sedang mengambil matakuliah Embriologi di semester bulan Januari sampai  Juni  tahun 2019/2020. Data adalah skor pretest dan posttest dalam praktikum embriologi yang dianalisis dengan uji statistik Gain ternormalisasi (N-Gain). Hasil analisis data N-Gain adalah 0,38 berkategori sedang yang  bermakna terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam praktikum matakuliah embriologi. Dengan demikian penggunaan worksheet laboratorium embriologi berbasis keterampilan pemecahan masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis pada mata kuliah embriologi di program studi tadris Biologi IAIN Batusangkar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...