EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Problem dan Tantangan Full Day School dan Half Day School di Era Globalisasi

Nakiah Nakiah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Tasman Hamami (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 May 2022

Abstract

Full day dan half day school merupakan dua sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia. Datangnya era globalisasi yang mengakibatkan pesatnya kemajuan teknologi informasi, menimbulkan berbagai masalah dan tantangan bagi kedua sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem dan tantang full day school dan half day school di era globalisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah studi pustaka atau library research dan dianalisis dengan teknik analisis konten atau isi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat beberapa problem pada full day school dan half day school di era globalisasi yakni pertama, kecanduan terhadap teknologi seperti HP dan sosial media. Kedua, semakin memudarnya nilai-nilai agama. Ketiga, adanya persaingan global dan terkikisnya nilai-nilai sosial. Sedangkan tantangan yang dihadapi full day school dan half day school di era globalisasi yakni pertama, tantangan dalam mencetak generasi atau peserta didik yang mempunyai pengetahuan yang luas. Kedua, tantangan akan berbagai keterampilan yang harus dimiliki peserta didik baik soft skill maupun hard skill. Ketiga, yakni menciptakan peserta didik yang mempunyai akhlak mulia

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...