Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh demokratis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Advent Ratahan. Sampel untuk penelitian ini berjumlah 45 siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif survey. Data dikumpulkan menggunakan kusioner yang sudah diuji kevaliditasan dan reliabilitasnya untuk variabel X1 dan variabelX2 sementara untuk variabel Y mengunakan teknik dokumnetasi yaitu data nilai rata-rata mid semester genap tahun ajaran 2021-2022. Pada pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan regresi sederhana, pengujian hipotesis 3 menggunakan regresi ganda, dimana sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan linearitas. Hasil pengujian ketiga hipotesis menolak H0 dan menerima hipotesis penelitian. Temuan penelitian menjukan 1) variabel pola asuh demokratis berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa kelas V SD Advent Ratahan, 2) variabel motivasi belajar berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa, 3) variabel pola asuh demokratis dan variabel motivasi belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022