Journal of Educational Chemistry (JEC)
Vol 2, No 2 (2020)

Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Interaktif dengan Animasi 3D melalui Powerpoint

Dewi Natalia Marpaung (Pendidikan Kimia, Universitas Musamus Merauke)
Jesi Jecsen Pongkendek (Pendidikan Kimia, Universitas Musamus Merauke)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2020

Abstract

Pembelajaran harus di dukung oleh dosen yang kreatif untuk menciptakan media pembelajaran interaktif agar mahasiswa lebih aktif, kreatif dan inovatif selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap  mediapembelajaran interaktif  yang digunakan oleh dosen dengan menerapkan animasi 3D melalui Powerpoint, penelitian ini adalah penelitian deskriptif, penelitian ini dilakukan di universitas musamus jurusan pendidikan kimia. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 20 orang mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui google form yang dapat diakses oleh masing-masing mahasiswa.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap animasi 3D yang digunakan oleh dosen dengan nilai  4,5 dari 5.0 dan dikategorikan sangat baik. Sehingga media pembelajaran interaktif dengan menggunakan animasi 3D melalui powerpoint  dapat digunakan untuk menjadikan mahasiswa termotivasi untuk belajar di dalam kelas dan membantu pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diajarkan oleh dosen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jec

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Journal of Educational Chemistry (JEC) is a journal managed by Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (the Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Walisongo State Islamic University). This Journal aims to ...