JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 9 No 1 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE JIGSAW PADA PELAJARAN PKN MATERI PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH SISWA SMP KLS VIII

Rince Marpaung (Universitas HKBP Nommensen, Indonesia)
Sunday Ade Sitorus (Universitas HKBP Nommensen, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Swasta Cerdas Mandiri melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini bahwa penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan ketuntasan individual siswa dan ketuntasan klasikal siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga dapat membuat siswa lebih aktif. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 68,33 dengan prosentase ketuntasan sebesar 13,89% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 85,28 dengan prosentase ketuntasan sebesar 100%. Demikian juga dengan rata-rata sikap siswa pada siklus 1 ialah 51,33 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 84,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...