Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 6, No 1 (2022): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PENERAPAN MEDIA VIDEO DENGAN MODEL E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA KELAS X APL/A SMK NEGERI 4 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Supriyanto Supriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2022

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi covid-19, khususnya pembelajaran mata pelajarn eksak ( kimia) belum berjalan efektif. Agar Pembelajaran jarak jauh menjadi lebih efektif, menarik dan meningkatkan hasil belajar pesrta didik, maka dilakukan dengan menggunakan media video dengan model E-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah : Wawancara dengan guru/walikelas, Observasi, Tes dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunkan analisis deskriptif.. Penelitian ini, jika hasil belajar siswa mampu mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥85% dengan Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) kimia yaitu 75, maka penerapan model e-learning dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar kimia. Hasil penelitisan dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar Pra Siklus adalah 14 siswa (48,3%) tuntas, dan 15 siswa (51,7%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 71,2, Siklus I adalah 24 siswa (82,8%) tuntas, dan 5 siswa (17,2%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 87,9, dan Siklus II terdapat 26 siswa (89,7%) tuntas, dan 3 siswa (10,3%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 89. Peningkatan ketuntasan belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 34,5%, dan Siklus I ke Siklus II 6,9%. Hal ini berdasarkan peningkatan hasil belajar pada Pra Siklus 48,3%; Siklus I 82,8%; dan Siklus II 89,7%. Hasil penelitian kelas X APL/A SMK Negeri 4 Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020, dapat disimpulkan bahwa model e-learning dan media video dapat meningkatkan hasil belajar Kimia kelas X APL/A SMK Negeri 4 Pontianak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...