Mufrodat merupakan salah satu unsur penting dalam pendidikan bahasa arab. Tanpa penguasaan mufrodat yang baik dan benar, siswa akan merasa kesulitan dalam pembelajaran bahasa arab. Penelitian ini bertujuan adalah, a) Untuk mengetahui kemampuan pengucapan kosakata bahasa arab kelas VIII MTs Al-Ikhlas Donggo. b) mengetahui kesulitan atau kendala dalam pengucapan mufrodat kelas VIII MTs Al- Ikhlas Donggo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Populasi seluruh siswa/siswi MTS Al-Ikhlas Donggo dan sampel Kelas VIII Mts Al-Ikhlas Donggo. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar obsevasi, interview dan Dokumentasi. Sedangkan Tehnik Analisis yang digunakan dalam menganalisis adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Kemampuan Pengucapan Mufradat (Kosakata) Bahasa Arab Kelas VIII MTs Al-Ikhlas Donggo. sebagai berikut: kurangnya kemampuan siswa dalam pengucapan Mufradat (kosakata) Bahasa Arab. faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pengucapan mufradat (kosakata) Bahasa Arab yaitu: a) .kurang minat dan bakat siswa dalam belajar Bahasa Arab. b) Siswa kurang mempraktekkan pengucapan mufrodat. c) Kurangnya persedian buku paket oleh pihak sekolah, 4.Waktu jam pelajaran disekolah hanya sedikit dalam seminggu.
Copyrights © 2022