Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Gambaran Psikologis Anak Tuna laras

Mega Prasrihamni (Universitas PGRI Palembang)
Asep Supena (Universitas Negeri Jakarta)
Tiurida Intika (SDN 162 Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

ArtikelĀ  ini bertujuan untuk menentukan kondisi psikologis anak-anak penyandang cacat. Menurut Tamsik Udin dan Tejaningsih, anak penyandang disabilitas adalah anak yang mengalami kendala dalam perkembangan sosial dan emosionalnya, sehingga dikukuhkan melalui perilaku norma hukum, sosial, agama yang berlaku di lingkungannya dengan frekuensi yang cukup tinggi. Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek berjumlah 4 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penyediaan Daftar Periksa Masalah (DCM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak penyandang disabilitas mengalami ketidakstabilan emosional sehingga ada kendala dalam berperilaku baik di masyarakat. Hambatan untuk perkembangan sosial pada anak-anak penyandang disabilitas ditunjukkan oleh kesulitan berteman. Ini karena mereka tidak dapat beradaptasi dengan kelompok yang lebih luas dan kesadaran sosial mereka sangat rendah dan mereka lebih suka bermain sendiri. Pendekatan yang lebih baik diperlukan untuk anak-anak penyandang disabilitas seperti pendekatan dalam bimbingan karena akan sangat mempengaruhi kehidupan di masa depan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...