Persaingan bisnis café terutama pada masa Pandemi memiliki tantangan tersendiri agar mampu bertahan. Dalam situasi ini, cafe sangat membutuhkan strategi khusus dibandingkan kompetitor sejenis lainnya. Hal yang serupa dialami pula oleh Melcosh Café & GlampCamp. Luasnya segmen pelanggan dari perusahaan Melcosh dan masih terbatasnya literasi Bahasa Inggris pada aktifitas pemasarannya, maka tim pengabdi juga merasa perlu untuk membantu melakukan pendampingan dan edukasi dalam formulasi caption pemasaran berbahasa Inggris. Proses pendampingan ini dilakukan secara aktif sejak Januari 2022 dengan tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pembuatan konten dan penyampaian konten. Observasi dan wawancara mendalam dilakukan untuk mendapatkan identifikasi SWOT sehingga harapannya dapat menyusun strategi pemasraan yang tepat pula. Dinamika pendampingan ini secara aktif dilakukan oleh tim pengabdi, mahasiswa dan mitra. Hasilnya Melcosh Café & GlampCamp mengetahui SWOT usaha mereka, mendapatkan customer journey hingga memiliki formulasi konten pemasaran digital yang dipersiapkan tim pengabdi dan mahasiswa. Mahasiswa juga mendapatkan pengalaman langsung dalam memberikan kontribusi positif bagi salah satu UMKM di Yogyakarta secara khusus Melcosh Café & GlampCamp.
Copyrights © 2022