Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 5 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inquiri Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Ongka

Hadijah, Syarifah ( FKIP UNTAD)
Jamhari, Mohammad (Unknown)
Mestawaty, Mestawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2015

Abstract

Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres 1 Ongka. Hal ini disebabkan penggunaan pembelajaran yang kurang membangkitkan keaktifan belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Ongka melalui metode inquiri. Rancangan penelitian ini mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus melalui 4 tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Inpres 1 Ongkadengan 32 orang siswa kelas IV SD Inpres 1 Ongka. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian teks akhir tindakan dan lembar observasi aktifitas guru dan siswa pada tiap siklus. Pengelolaan/analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan perolehan skor yaitu pada siklus I pertemuan I daya serap individu 63,43% dan ketuntasan belajar  klasikal 31,25% dengan siswa yang tuntas 10 orang. Siklus I pertemuan II  daya serap individunya 65,93%, dengan banyak siswa yang tuntas 18 orang dengan ketuntasan klasiklnya 56,25%.Dan pada Siklus II pertemuan I daya serap individu 78,75% dan ketuntasan belajar klasikal 75% dengan siswa yang tuntas 24 orang, Siklus II pertemuan II daya serap individunya 81,25% dengan banyak siswa yang tuntas 29 orang siswa dengan ketuntasan klasiklnya 90,62%. Dengan demikian indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian telah tercapai. Hal ini menunjukan bahwa metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Ongka. Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar dan melalui Metode Inquiri.

Copyrights © 2016