Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi
Vol 71 No 2 (2019)

ANALISIS PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI SISWA SMK PEMESINAN

Liknin Nugraheni (Dosen Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana)
Sri Rahayu (Dosen Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana)
Nur Fathonah (UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Alasan penyebab sulitnya pemecahan masalah trigonometri oleh siswa SMK Pemesinan dapatditinjau dari faktor siswa dalam meyelesaikan pemecahan masalah trigometri. Sehingga pentinguntuk melakukan analisis kesalahan yang telah dilakukan oleh siswa dalam pemecahan masalahtrigometri tersebut. Adapun kesalahan yang dianalisis meliputi letak dan jenis serta faktorpenyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah trigometri.Masalah trigonometri khususnya dan meningkatkan hasil belajar matematika pada umumnya.Penelitian ini dilaksanakan di 3 (tiga) SMK Jurusan Pemesinan yakni SMKN 1 Jetis Mojokerto,SMK Nada Mojokerto, dan SMK Krian 1 Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwakesalahan yang dilakukan oleh Siswa SMK Pemesinan yang berkemampuan tinggi, sedang, rendahdan bergaya kognitif field dependent lebih banyak daripada Siswa SMK Pemesinan yangberkemampuan tinggi, sedang, rendah dan bergaya kognitif field independent ditinjau dari letakdan jenis kesalahannya. Sementara faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan olehSiswa SMK Pemesinan baik yang berkemampuan tinggi, sedang, atupun rendah dan bergayakognitif field dependent ataupun field independent secara umum adalah faktor internal yangdiakibatkan oleh kemampuan intelektual, dan kondisi kognitif dari Subjek.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

whn

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal Wahana Tridharma Perguruan Tinggi Received research papers and literature review studies on Multidisciplinary sciences consisting of applied science, social sciences and humanities, education, psychology, law, engineering, health and pharmacy, technology, management, economy, accounting and ...