JKP (Jurnal Konseling Pendidikan)
Vol 2 No 1 (2018): JKP (Jurnal Konseling Pendidikan)

Pengaruh Pendekatan Konseling realitas Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Broken Home Sman1 Sikur

yulianti, dewi (Unknown)
Hardianti, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan konseling Realitas untuk meningkatkan konsep diri siswa “broken home” SMAN 1 Sikur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian subyek tunggal menggunakan desain (A-B). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu orang siswa yang bermasalah sebagai sampel yaitu yang diambil dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Analisis data dilakukan pada fase baseline (A) dan fase intervensi (B), dan menggunakan rumus eksperimen subyek tunggal dengan menghitung banyaknya data poin (skor) dalam setiap kondisi, banyaknya variabel terikat yang ingin diubah, tingkat stabilitas data dan perubahan level data dalam satu kondisi atau antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan pendekatan konseling Realitas untuk meningkatkan konsep diri siswa “broken home” kelas XI SMAN 1 Sikur

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JKP terbit dua kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember dengan nomor eISSN: 2549-841X. Adapun tujuannya adalah mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis (invited authors) dalam bidang bimbingan dan konseling yang belum pernah dipublikasikan. Penulis bisa berasal dari ...