PeTeKa
Vol 5, No 2 (2022): PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran

KECAKAPAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SMK NEGERI 1 CILACAP

Nurkholis Nurkholis (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Budi Santosa (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui metode Role Playing. Penelitian dilakukan di kelas XI OTKP 2 SMKN 1 Cilacap dengan jumlah subjek penelitian 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Pada pembelajaran siklus I siswa melakukan role playing berdasarkan naskah percakapan. Siklus II lebih difokuskan pada aspek kebahasaan dan nonkebahasaan yang masih kurang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa melalui metode role playing. Rerata keterampilan berbicara bahasa Inggris pratindakan sebesar 61,14 naik menjadi 70,86 (meningkat 16%) pada siklus I dan menjadi 82,86 (meningkat 35%) setelah tindakan siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...