Indonesian Journal of Learning Education and Counseling
Vol. 4 No. 2 (2022): Maret

Kriteria Pengembangan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Isti Qotimah Qotimah (a:1:{s:5:"en_US"
s:32:"Universitas Pendidikan Indonesia"
})



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Abstrak. Hubungan interaksi antara pendidik dan peserta didik merupakan faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi literatur sebagai instrumen pengumpulan data. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji berbagai kriteria penerapan e-modul interaktif dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini didasari oleh pengaruh perkembangan teknologi dengan dibuktikan adanya pembelajaran jarak jauh yang menekankan upaya pendidik dalam memfasilitasi pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa, e-modul interaktif adalah media pembelajaran yang menyajikan materi dalam bentuk teks, gambar, serta audio maupun video melalui format elektronik. Terdapat kriteria dalam mengembangkan e-modul interaktif guna mewujudkan keberhasilan pembelajaran jarak jauh, kriteria tersebut terbagi menjadi tiga aspek yaitu aspek materi, desain pembelajaran dan aspek media.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJoLEC

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Learning Education and Counseling has a prefixes DOI: 10.31960 . IJoLEC is published twice a year by the ILIN Institute with a field of study (1) Education in Learning: Primary Education, Learning Models, Curriculum, Learning Innovation, Vocational Education, (2) Educational ...