Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 10 No 1 (2022): Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

IDENTIFIKASI TUGAS PERKEMBANGAN SISWA SMP NEGERI 10 AMBON

Jeanete Ophilia Papilaya (Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas Pattimura)
Yulian Hermanus Wenno (Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas Pattimura)
Cynthia Petra Haumahu (Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Abstrak, Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dikategorikan sebagai masa remaja. Remaja akan melalui tahapan perkembangan yang mempengaruhi setiapa aspek kehidupan dari remaja tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi tugas-tugas perkembangan remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini berupa variable tunggal yaitu identifikasi tugas perkembangan siswa. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 60 orang, dengan menggunakan random sampling sebagai teknik pengumpulan sampel. Data yang diambil dengan menggunakan Inventory Tugas Perkembangan (ITP) yang terdiri dari 10 aspek perkembangan siswa SMP. Data yang sudah terkumpul, dianalisis dengan menggunakan program Analisis Tugas Perkembangan (ATP) berbasis komputerisasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa SMP Negeri 10 Ambon mampu untuk menjalin persahabatan dan membina hubungan harmonis dengan orang lain, menghargai nilai-nilai persahabatan, serta mampu berinteraksi dengan orang lain. Ini nampak pada tingginya nilai pada aspek peran social. Namun disisi lain, mereka masih kurang mampu dalam menerapkan ajaran agama di dalam persahabatan dan hubungan sosial mereka Keyword : Remaja, Tugas Perkembangan, Siswa SMP

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...