Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Tipe Campers dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Khalisa Naura Imanda (Universitas Negeri Malang)
Rustanto Rahardi (Universitas Negeri Malang)
Swasono Rahardjo (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa bertipe Camper dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Materi yang diujikan yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk. Pemilihan subjek penelitian diawali dengan memberikan angket Adversity Response Profile (ARP) pada 27 siswa. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa yang bertipe campers. Siswa yang bertipe campers memiliki skor sebesar 95 s/d 134. Subjek penelitian terpilih lalu diminta untuk mengerjakan tes tulis pemecahan masalah dan kemudian dilanjutkan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket Adversity Response Profile (ARP), tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bertipe campers tidak dapat memenuhi semua tahapan polya. Subjek C1 hanya mampu memenuhi sampai tahapan kedua polya yaitu merencanakan penyelesaian masalah. Sedangkan pada subjek C2 dan C3 hanya mampu memenuhi tahapan pertama polya yaitu memahami masalah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...