JURNAL DIVERSITA
Vol 8, No 1 (2022): JURNAL DIVERSITA JUNI

Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan (Tahfiz) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan

Haidir Haidir (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sri Baniah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Tarmizi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Azimahrani Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembinaan kerakter Religius Siswa yang dilakukan guru melalui kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan (Tahfidz) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi penelitian lapangan (field research). Pada penelitian ini data diambil dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data dari sumber data primer maupun sekunder. Data bersumber dari guru pembina tahfidz, guru PAI dan para siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahfidz di MAN 1 Medan. Pengambilan data penelitian ini dengan cara melakukan wawancara yang mendalam. Hasil penelitian/temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Adapun proses pembinaan karakter religius yang digunakan atau dilakukan guru pembina ekstrakurikuler tahfidz ialah melalui beberapa proses yang diantaranya ialah: a) Guru memberikan contoh yang positif (keteladanan) kepada siswa, b) Menumbuhkan kesadaran iman kepada siswa, c) Menciptakan pola-pola kegiatan yang dapat membiasakan siswa untuk melakukannya dan d) Memotivasi siswa. Sehingga dengan proses kegiatan tersebut dapat menjadikan siswa yang berkarakter religius. 2) Berdasarkan hasil penelitian dari proses pembinaan yang dilakukan oleh guru maka terbentuklah karakter religious yang dimiliki siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan (tahfidz) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan ialah: a) Keseriusan, b) Kesetiaan, c) Keyakinandan d) Kecintaan dengan Al-Qur’an.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diversita

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Journal Diversita is an open access, interdisciplinary journal for the rapid publication of original articles and reviews that focus on basic research in all areas of Biomarkers. The journal is broad scoped and considers topics from all related subjects of perception, cognition, attention, emotion, ...