COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 3 (2022)

KINERJA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA INKLUSIF DI SDN GUGUS I KOPANG

Husniati Husniati (Universitas Mataram)
Lalu Hamdian Affandi (Universitas Mataram)
Heri Hadi Saputra (Universitas Mataram)
Muhammad Makki (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memetakan kinerja guru dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasi siswa inklusif di SDN Gugus I Kopang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek perencanaan pembelajaran sebagian besar guru hanya membuat RPP bagi siswa regular saja, dan merasa kesulitan dalam menyusun PPI (Program Pembelajaran Individual) yang berorientasi literasi numerasi bagi siswa inklusif. Pada pelaksanaan pembelajaran guru sudah mampu menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang relative bervariasi dan dapat mengakomodir kebutuhan siswa inklusif. Selama pembelajaran siswa regulrer terlihat bekerja sama, berdiskusi, dan membantu siswa inklsif untuk memahami materi yang disampaikan guru. Guru juga memberikan pendampingan dan atau bimmbingan khusus secara individual bagi siswa inklusif baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Sedangkan untuk peenilaian pembelajaran, guru juga sudah berusaha menyusun instrument dan butir soal yang berbeda untuk siswa regular dengan siswa inklusif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...