jurnal abdimas saintika
Vol 4, No 1 (2022): Mei Jurnal Abdimas Saintika

ADIKSI GAME ONLINE PADA REMAJA

Dwi Christina Rahayuningrum (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika Padang)
Weni Sartiwi (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika Padang)
Emira Apriyeni (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika Padang)
Dhinda Wella (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika Padang)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi internet (game online) membawa pengaruh besar terhadap perkembangan pribadi dan adaptasi remaja, tidak sedikit remaja berubah menjadi pecandu game sehingga lupa pada jati diri mereka yang sesungguhnya. Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan pengetahuan remaja tentang adiksi game online. Kegiatan ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sawahlunto. Kegiatan ini diawali dengan memberikan pertanyaan seputar pengetahuan remaja mengenai game online dan adiksi game online. Dilanjutkan dengan memberikan materi menggunakan power point dan memberikan leaflet. Semua remaja antusias dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Kegiatan ini efektif dilakukan dalam peningkatan pengetahuan remaja dimana terlihat adanya peningkatan remaja sebelum dan sesudah mendapatkan penyuluhan yang terlihat dari kuesioner pre dan post test yaitu sebesar 9,94 point.Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memberikan pemahaman kepada remaja mengenai adiksi game online.Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan; Pengetahuan; Adiksi Game Online; Remaja ABSTRACT The development of internet technology (online games) has a major influence on the personal development and adaptation of adolescents, not a few teenagers turn into game addicts so that they forget their true identity. The purpose of this activity is to increase the knowledge of teenagers about online game addiction. This activity was carried out at the State Junior High School 1 Sawahlunto. This activity begins by asking questions about teenagers' knowledge about online games and online game addiction. Followed by giving material using power point and giving leaflets. All the teenagers were enthusiastic in participating in this activity as seen from the many questions they asked. This activity is effectively carried out in increasing adolescent knowledge where it can be seen that there is an increase in adolescents before and after receiving counseling which can be seen from the pre and post test questionnaires of 9.94 points. This activity is the first step to provide understanding to adolescents about online game addiction.Keywords: Health Education; knowledge; Online Game Addiction; Teenagers

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Abdimas Saintika adalah jurnal scientific yang ditulis dalam bahasa Indonesia diterbitkan setiap Januari dan Agustus, proses submission manuscript dibuka setiap tahun. Submission manuscript dilakukan dengan metode Double Blind Peer Review dan Editorial Review sebelum diterima dan di ...