"AbstraksiManajemen strategis merupakan proses perusahaan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional untuk mencapai tujuannya. Evaluasi terhadap model bisnis yang sedang dijalan- kan perusahaan dapat dilakukan menggunakan Business Model Canvas (BMC), seperti yang dilakukan di usaha budidaya jamur BUMDes Pesat Ambulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha apa yang digunakan usaha budidaya jamur BUMDes Pesat Ambulu dan untuk menyusun model bisnis yang baru sebagai bentuk pengembangan usaha. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan Business Model Canvas yang dilengkapi Analisis SWOT. Populasi dalam penelitian ini meliputi pesaing, kon- sumen, dan intenal BUMDes. Didapat 43 sampel melalui slovin dan proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha budidaya jamur BUMDes Pesat Ambulu dapat melakukan strategi agresif. Selain itu juga menghasilkan desain Business Model Canvas baru hasil perbaikan sebagai strategi alternatif terpilih pada Customer Segments, Channels, Revenue Streams, dan Cus- tomer Relationships yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha di masa depan.AbstractStrategic management is a company's process in formulating, implementing, and evaluating cross-functional decisions to achieve its goals. Evaluation of the busi- ness model being run by the company can be done using the Business Model Can- vas (BMC), as was done in the BUMDes Pesat Ambulu mushroom cultivation business. This study aims to find out what business development strategy is used by the BUMDes Pesat Ambulu mushroom cultivation business and to develop a new business model as a form of business development. The method used is descrip- tive analysis with Business Model Canvas which is equipped with SWOT analysis. The results showed that the BUMDes Pesat Ambulu mushroom cultivation busi- ness could carry out an aggressive strategy. In addition, it also produces a new Business Model Canvas design as an improvement as the chosen alternative strategy for Customer Segments, Channels, Revenue Streams, and Customer Relation- ships that can be used for future business development."
Copyrights © 2022