Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI)
Vol. 10 No. 3 (2021)

Evaluasi Usability dan User Experience LMS OASE Universitas Udayana Menggunakan Metode Tuxel 2.0

I Putu Adi Purnawan (Udayana University)
I Ketut Gede Darma Putra (Udayana University)
Ni Kadek Dwi Rusjayanthi (Udayana University)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Usability dan User Experience adalah aspek penting untuk mengukur tingkat kemudahan pengguna dalam mengoperasikan suatu website, terutama website yang khusus digunakan untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang biasa disebut dengan Learning Management System (LMS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usability dan user experience pada website LMS OASE dan rekomendasi perbaikannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah TUXEL 2.0, dengan tiga dimansi utamanya yaitu General Usability, Pedagogical Usability, dan User Experience. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah divalidasi kemudian dibagikan kepada responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari proses evaluasi pada desain OASE lama ditemukan sepuluh permasalahan pada dimensi General Usability, delapan permasalahan pada dimensi Pedagogical Usability, dan tiga variabel User Experience dengan kategori tingkat persepsi negatif. Setelah dilakukan perbaikan desain, hasil evaluasi desain solusi OASE menjadi lebih baik, hanya ditemukan satu masalah pada dimensi General Usability, satu masalah pada dimensi Pedagogical Usability, dan semua variabel User Experience mendapat kategori tingkat persepsi positif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

janapati

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) is a collection of scientific articles in the field of Informatics / ICT Education widely and the field of Information Technology, published and managed by Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas ...