Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol. 5 No. 2 (2017): December

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERATIF BERBASIS GAME BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD MUTIARA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Saputra, I Komang Ragil (Unknown)
Pudjawan, Ketut (Unknown)
Tastra, I Dewa Kade (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2017

Abstract

Permasalah yang ditemukan di SD Mutiara Singaraja yaitu rendahnya motivasi belajar bahasa inggris. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya media pembelajaran dan desaian pembelajaran yang monoton. Penelitian bertujuan untuk (1) mediskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis game, (2) mengetahui kualitas hasil pengembangan multimedia interaktif berbasis game, dan (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis game. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey. Persedur yg digunakan adalah menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan, menganalisis pembelajaran, menganalisis pebelajar dan konteksnya, menganalisis tujuan unjuk kerja, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, melakukan evaluasi formatif, revisi bahan ajar, melakukan evaluasi Sumatif. Metode pengumpulan yang digunakan yaitu: (1) pencatatan dokumen, (2) metode angket, dan (3) tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t. Hasil penelitian yaitu: (1) rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis game berupa flowcart dan storyboard, (2) kualitas pengembangan multimedia interaktif berbasis game berdasarkan penialaian ahli isi mata pelajaran 91,67% menyatakan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran 90% menyatakan kategori sangat baik, ahli media pembelajaran 96,66% menyatakan kategori sangat baik, uji coba perorangan 98,33% menyatakan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil 94,83% menyatakan kategori sangat baik, uji coba lapangan 91,87% menyatakan kategori sangat baik, (3) Efektivitas multimedia yang dikembangkan diperoleh thitung =14.90, lebih besar dari ttabel yaitu=62. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis game efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SD Mutiara Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: multimedia interaktif, game, pengajaran bahasa Inggris

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...