Masih banyak guru yang belum mampu menerapkan teknologi pada setiap pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning pada siswa menengah kejuruan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi. Populasi penelitian adalah 62 siswa. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuisioner. Instrumen yang digunakan adalah angket berupa skala likert. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistic kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi yang dilakukan diperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 88% dengan kategori valid dengan begitu dapat disimpulkan aplikasi media pembelajaran mobile learning sudah valid untuk digunakan dalam pembelajaran Mekanika Teknik. Hasil penilaian yaitu nilai yang diberikan oleh materi pembelajaran yaitu 0,875 (valid), penilaian yang diberikan oleh ahli media pembelajaran yaitu 87,93 (praktis), hasil uji coba siswa mendapatkan nilai 87,93 (valid) dan hasil uji Efektivitas pembelajaran dikatakan efektif jika tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dalam satu kelas mencapai 80%. Dapat disimpulkan bahwa mobile learning yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru sebagai fasilitas untuk belajar mandiri pada siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021