Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 3 (2022)

ANALISIS DAMPAK IMPLEMENTASI PROGRAM MBKM KAMPUS MENGAJAR PADA PERSEPSI MAHASISWA

vivi suwanti (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
I Ketut Suastika (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Rosita Dwi Ferdiani (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Wahyudi Harianto (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

ABSTRAKProgram kampus mengajar merupakan salah satu bentuk kegiatan kurikulum MBKM yang disediakan oleh Kemenristek Dikti dengan mitra sekolah dasar terdampak Covid-19. Penelitian pada artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi program kurikulum MBKM yang diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti Kampus Mengajar terhadap persepsi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kanjuruhan Malang. Penelitian tersebut menggunakan metode campuran. Data kuantitatif pada penelitian teesebut meliputi angket mitra sekolah kampus mengajar dan mahasiswa peserta kampus mengajar. Data kualitatif pada penelitian tersebut berupa wawancara persepsi dari mahasiswa peserta kampus mengajar dan dosen pembimbing. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi mahasiswa setelah mengikuti kampus mengajar sangat baik yaitu pada rata-rata 93%. Hal ini sejalan dengan tingginya persepsi mitra pada kualitas dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa yaitu 97%. Berdasarkan persepsi mahasiswa, program kampus mengajar tidak hanya memberikan pengalaman mengajar dalam kelas, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kemampuan bekerja sama dan soft skill mahasiswa. Saran bagi keberlanjutan penelitian ini adalah mengkaji dampak implementasi program-program MBKM yang lain sehingga dapat diperoleh pemetaan persepsi mahasiswa secara keseluruhan mengenai pelaksanaan kurikulum MBKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...