Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 3 (2022)

PENGARUH MODEL ROLE-PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SD

Ester Hutagalung (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Novalina Sembiring (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Antonius Remigius Abi (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
23 May 2022

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang masih rendah merupakan masalah yang dipaparkan dalam artikel ini. Penelitian yang dipaparkan pada artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pembelajaran Role Playing  terhadap hasil belajar siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Manusia dan Lingkungan kelas V SD Negeri 060937 Kecamatan Medan Johor tahun pembelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan melibatkan sebanyak 50 siswa yaitu 26 siswa kelas VA dan 24 siswa kelas VB, pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling porpusive (sampel bertujuan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Coefficients). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mengarah pada terjadimya peningkatan sebanyak 25% dari pretest ke post test melalui nilai rata-rata, sehingga menyatakan bahwa hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam membahas Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Manusia Dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...