Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 3 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING

Sari Meliana Sitanggang (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Jontra Jusat Pangaribuan (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Regina Sipayung (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
23 May 2022

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah terkait tentang masih kurangnya pengunaan metode pembelajaran, peserta didik kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian yang dipaparkan pada artikel ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat di Sekolah Dasar dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian tersebut dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan observasi. Tes yang diberikan sebanyak 31 soal dalam bentuk pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada pretest diperoleh bahwa nilai rata-rata 50,75, dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 29,41%. Pada postest siklus I mengalami peningkatan setelah menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching dengan nilai rata-rata 66,55 dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 52,95%. Dan setelah tindakan yang dilakukan dan diberikan postest siklus II maka diperoleh sebanyak 15 siswa yang tuntas hasil belajarnya dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata postest siklus II meningkat menjadi 76,86 dan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 88,22%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...