Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2022): Januari - April 2022

Implementasi Microlearning Berbasis Case Study Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia

Yusnidar Yusnidar (Universitas Jambi)
Wilda Syahri (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Kebutuhan karakteristik generasi zaman now terhadap pembelajaran daring menghadirkan style baru penyajian konten perkuliahan dengan microlearning. Implementasi microlearning membutuhkan model pembelajaran yang tepat berorientasi self-directed learning case study. Untuk menjawab tantangan tersebut maka dibutuhkan implementasi best practice dan pengaruhnya (efektivitas) dalam perkuliahan. Desain penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah 25 mahasiswa mata kuliah metodologi Penelitian Pendidikan yang terdaftar pada Prodi Pendidikan Kimia Tahun Ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes, serta dokumentasi. Data dianalisis dan diolah menjadi data interval menggunakan skala Likert. Untuk teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, homogenitas, serta T-Test. Tahapan pada penelitian ini meliputi pra eksperimen, eksperimen, dan pasca eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pra eksperimen, peneliti mempersiapkan set perangkat perkuliahan dengan style microlearning berbasis case study. Hasil eksperimen diketahui best practice penerapan microlearning berbasis case study dengan alur: 1) introduction microlearning, concepts, tools, and student’s group; 2) teaching by traditional learning; 3) teaching by microlearning; 4) students evaluations, examination, and feedback; dan 5) comparison between traditional learning and microlearning. Pasca eksperimen dilakukan evaluasi capaian(efektivitas) implementasi micro learning berbasis case study, dengan perolehan hasil uji t sebesar 7,769 membuktikan bahwa terdapat pengaruh implementasi microlearning berbasis case study terhadap hasil belajar mahasiswa. Adapun implementasi microlearning berbasis case study dapat dilaksanakan secara blended learning untuk meminimalisir hambatan yang dihadapi mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...