Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan sertifikasi terhadap kinerja baik secara langsung maupun tidak langsung melalui pertukaran pemimpin-anggota guru SMK swasta di Kabupaten Serang. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan korelasional. Sampel penelitian merupakan 20% dari populasi yang terdiri dari 17 sekolah dan 183 guru berdasarkan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian dalam kuesioner menggunakan dimensi dan indikator yang dikembangkan ahli. Temuan penelitian ini mengungkapkan: (1) Terdapat hubungan langsung yang kuat antara kompetensi guru dan leader-member exchange; (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara sertifikasi guru dan leader-member exchange; (3) Terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kompetensi guru dengan kinerja guru; (4) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan sertifikasi guru terhadap kinerja guru; (5) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara leader-member exchange terhadap kinerja guru; (6) Melalui leader-member exchange terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kompetensi guru terhadap kinerja guru; serta (7) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara sertifikasi guru dengan kinerja guru ditinjau dari leader-member exchange. Simpulan penelitian ini adalah kinerja guru dipengaruhi oleh kompetensi dan sertifikasi secara langsung dan tidak langsung melalui leader-member exchange
Copyrights © 2022