Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI MA Muallimin Muhammadiyah Makassar melalui strategi PQ4R. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setia psiklus terdiri ata sempat komponen yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi. Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif kuantitatif adalah sebagai berikut: (1) Skor rata-rata hasil belajar Bahasa arab siswa kelas XI MA Muallimin yang diperoleh padasiklus I sebesar 61, 62atau 61,62% dan standar deviasi 13,54. Pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh sebesar 75,12 atau 75,12% dengan standar deviasi 11,04. Siklus I berada dikategori sedang, dan siklus II keduanya berada pada kategori tinggi . (2) ketuntasan belajar siswa meningkat siswa setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan PQ4R pada setiap pertemuan. Hal ini terlihat pada besarnya presntase peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan belajarnya, yakni sebesar 46,87%, dimanasiswa yang mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I kesiklus II sebanyak 15 orang siswa, yaitudari 12 orang yang mengalami ketuntasan di siklus I menjadi 27 orang di siklus II dari 32 siswa.Kata Kunci : Hasil Belajar PQ4R
Copyrights © 2020