Pada era new normal pandemi Covid-19 telah terjadi banyak perubahan kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah belajar dari rumah. Dan untuk menunjangpembelajaran daring secaralancar, menarik, danmenyegarkan,dosen PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dituntut untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab khusunya maharah kalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Sofware“Camtasia Studio” dalam pembelajaranbahasa Arab khususnya media pembelajaran maharah kalam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiserdan Mollenda yang terdiri dari lima tahapan, yaitu (Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dari penelitian yang sudah diujikan dengan menggunakan Camtasia Studio pada beberapa tenaga ahli diperoleh keterangan sebagai berikut: (1) Analisis kelayakan media dari ahli materi 80%, (2) Analisis kelayakan media dari Ahli Media adalah 96,5%, (3) Analisis kelayakan media dari ahli pembelajaran/Dosen adalah 92,7%. (4) Adapun Analisis kelayakan media dari aspek kenyamanan mahasiswa 0.6731. Dalam skala Likert prosentase 80% dari perolehan analisis dari tenaga ahli tersebut dikategorikan valid/layak. Sedangkan analisis kelayakan media dari aspek kenyamanan mahasiswa 0.6731 menurut makna koefisiensi korelasi Product moment maka dapat dikategorikan cukuplayak. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Camtasia Studio untuk Maharoh Kalam di PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selama Pandemi Covid-19 ini dikatakan efektifKeywords: Pembelajaran, Camtasia Studio, maharoh kalamdan PKPBA
Copyrights © 2020