Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2021)

Pendampingan dan pelatihan Peran Guru Dalam Mengurangi Perilaku Hiperaktif Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Sukoharjo

Gatot Jariono (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jalan A. Yani, Pabelan, Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta 57102, Indonesia)
Nurhidayat (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jalan A. Yani, Pabelan, Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta 57102, Indonesia)
Eko Sudarmanto (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jalan A. Yani, Pabelan, Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta 57102, Indonesia)
Ardhian Tomy Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jalan A. Yani, Pabelan, Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta 57102, Indonesia)
Chandra Triadi (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jalan A. Yani, Pabelan, Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta 57102, Indonesia)
Maimunah Nur Anisa (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jalan A. Yani, Pabelan, Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta 57102, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2021

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan berdasarkan hasil diskusi dengan mitra terkait dengan kendala-kendala dalam proses belajar mengajar pada masa pandemic covid-19 untuk mengurangi perilaku hiperaktif anak berkebutuhan khusus. Melihat situasi seperti ini peneliti memberikan solusi berupa alternatif dalam mengurangi prilaku hiperaktif melalui pendampingan dan pelatihan strategi guru dalam mengurangi perilaku hiperaktif anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. Fungsi guru dalam mengurangi perilaku hiperaktif anak berkebutuhan khusus adalah peran guru sebagai pendamping, perancang pembelajaran, seniman/aktor pembelajaran, mediator, motivator dan inovator. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru dalam mengurangi perilaku hiperaktif anak berkebutuhan khusus baik di dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan sosial masyarakat. Metode dalam pengabdian ini menggunakan penelitian deskriptif melalui pendekatan penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sangat berperan aktif dalam mengurangi perilaku hiperaktif anak berkebutuhan khusus untuk melakukan aktivitas baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

panrannuangku

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Health Professions Library & Information Science

Description

The mission of Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat is to serve as the premier peer-reviewed, interdisciplinary journal to advance theory and practice related to all forms of outreach and engagement . This includes highlighting innovative endeavors; critically examining emerging issues, ...