INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION
Vol 1 No 3 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF BASIC EDUCATION

Implementasi Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar

Eni Marta (STKIP ROKANIA)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2019

Abstract

Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan untuk tercapainya tujuan pendidikan. Aktivitas belajar merupakan aktivitas yang bersifat fisik maupun mental. Dalam kegiatan belajar keduanya saling berkaitan. Bahan ajar adalah segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru, baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengembangan bahan ajar menggunakan Problem Based Learning terhadap aktivitas siswa di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdari dari satu siklus. Penelitian ini dilakukan di di SDN 008 Rambah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa yang terdiri dari mengumpulkan data, mengerjakan bahan ajar, melakukan diskusi dan mengkontruksi pengetahuan. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada item aktivitas pengumpulan data diperoleh nilai rata-rata 85,5, mengerjakan bahan ajar diperoleh nilai rata-rata 88, melakukan diskusi diperoleh nilai 87,5 dan untuk mengkonstruksi pngetahuan diperoleh nilai 82. Sehingga secara keseluruhan untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata 86 dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa implementasi bahan ajar menggunakan model PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V sekolah Dasar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJOBE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The Indonesian Journal of Basic Education is a scientific journal that presents original articles about classroom action research. The scope of the Riau Journal of Basic Education includes the fields of basic education, This journal is a means of publication and a place to share research and ...