Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JEMBA)
Vol. 1 No. 2: Maret 2022

RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

Eko Murti Saputra (Prodi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Herman Herman (Prodi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Yuritanto Yuritanto (Prodi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Agustinus Sihombing (Prodi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Pendemi Virus Corona memaksa sistem pendidikan di Indonesia untuk menggunakan pembelajaran dalam jaringan mulai tingkat SD sampai Perguruan Tinggi, hal ini membuat guru dan dosen untuk menyesuaikan kebiasaan baru tersebut dengan melakukan pembelajaran online menggunakan aplikasi dalam jaringan internet. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar respon dan kesiapan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi google classroom sehingga dapat mempermudah dosen dan mahasiswa dalam berinteraksi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan tehnik survey dalam mengumpulkan data dilapangan. Sampel terdiri dari 100 orang mahasiswa semester 1 STIE Pembangunan Tanjungpinang dibagi dalam 2 kelas yaitu kelas Akuntansi sejumlah 50 orang dan Kelas Manajemen 50 orang. Angket diberikan kepada mahasiswa yang sedang mengikuti pembelajaran daring Mata Kuliah Kewarganegaraan. Jumlah pertanyaan diberikan sebanyak 15 pertanyaan dengan pilihan jawaban Sangat tidak setuju, Setuju, Ragu, Tidak Setuju, Sangat tidak setuju. Hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata respon mahasiswa terhadap penggunaan google classroom pada tiap indikator penelitian adalah paling tinggi pada indikator pertama sebanyak 78,29% di Kelas Akuntansi dan indikator pemahaman materi dalam google classroom sebesar 71,12% berada pada kategori setuju. Sementara di Indikator pertama tentang kemudahan mahasiswa menggunakan google classroom pada Kelas Manajemen sebesar 75,33% dan Indikator Pemahaman Materi dalam google classroom sebesar 75,16% yaitu berada pada kategori setuju

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEMBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMBA for Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, both of which are published six times in one year. The scope of the journal studies broadly includes: Economy, Management, Business and ...