Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JEMBA)
Vol. 1 No. 2: Maret 2022

RESPON MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PANCASILA (STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG)

Herman Herman (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Eko Murti Saputra (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Alfi Hendri (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Ranat Mulia Pardede (STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat respon mahasiswa selama pembelajaran daring pada mata kuliah pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang yang mengambil mata kuliah Pancasila, yang menjadi sampelnya ada 150 orang yang merupakan mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang dengan jurusan akuntansi dan manajemen. Instrumen yang digunakan adalah angket respon mahasiswa selama pembelajaran daring dilaksanakan. Berdasarkan pengolahan dan analisis data bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh dosen pada mata kuliah Pancasila sudah dilaksanakan dengan baik. Respon mahasiswa juga sudah menyenangkan dalam pembelajaran daring, terlihat sebanyak 34% merespon menyenangkan, dan 62% merespon cukup menyenangkan. Pembelajaran daring jika dilakukan dengan kesiapan yang baik maka akan mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEMBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMBA for Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, both of which are published six times in one year. The scope of the journal studies broadly includes: Economy, Management, Business and ...