Pandemi Covid-19 yang muncul secara tiba-tiba menuntut sivitas akademika untuk segera melakukan perubahan pembelajaran. Pembelajaran konvensional selama ini diharapkan segera diperbaiki dan diubah menjadi ranah pembelajaran dalam jaringan serba teknologi. Pembelajaran online adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan dengan cepat dan terburu-buru. Jaringan harus dipersiapkan secara matang agar produk pembelajaran yang dihasilkan menunjukkan kualitas pembelajaran sebagaimana mestinya. Penggunaan media Zoom Meeting memudahkan pelaksanaan secara online dimana guru dan siswa lebih mudah untuk diakses dan digunakan. Dengan penggunaan media ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa walaupun tanpa tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi media pembelajaran Toefl melalui Zoom Meeting di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Mahardika Batujajar. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui Zoom Meeting sangat membantu dalam proses pembelajaran Toefl di masa pandemi Covid-19.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022