Penelitian ini bertujuan menjelaskan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar biologi dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian siswa Jurusan Matematika semester I, III dan V di STKIP PGRI Situbondo. Hasil angket berupa data kuantitatif diolah menggunakan program Microsoft Excell dan SPSS. Untuk mengetahui sejauh mana Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Dasar di STKIP PGRI Situbondo, maka dengan menghitung korelasi antara variable X dan Y. Hasil penghitungan diperoleh nilai Rxy sebesar 25,57. Untuk menghitung apakah hipotesa yang diajukan diterima atau ditolak, maka harga r hitung dibandingkan dengan r tabel . Dari hasil perbandingan dengan r hitung dengan taraf signifikansi 5% dengan jumlah responden 40 0rang diperoleh r tabel = 0,320 sedangkan hipotesa Rxy sebesar = 25,57. Ada pengaruh penerapan pemebelajaran kooperatif (STAD ) terhadap hasil belajar matakuliah biologi dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022