PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS
Vol 9 No 1 (2021)

PENERAPAN MEDIA PERMAINAN KARTU PINTAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Winda Nur Ainun (Universitas Negeri Surabaya)
Raharjo Raharjo (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media permainan kartu pintar, mendeskripsikan keterampilan sosial siswa, mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah experimental design. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Krian kelas VII C dan VII D semester ganjil tahun 2018/2019. Hasil penelitian ini adalah keterlaksanaan model pembelajaran pada kelas VII C dan VII D sangat baik. Keterampilan sosial siswa yang dilatih terlatih dengan baik dengan hasil keterampilan pada kelas VII C sebesar 86% dan kelas VII D 88%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada materi kelompok tumbuh-tumbuhan di kelas VII C meningkat sebesar 97% dan kelas VII D meningkat sebesar 100%. Respon siswa sangat baik dengan persentase pada kelas VII C sebesar 96% dan kelas VII D sebesar 97%.Kata kunci : pembelajaran, komunikasi, bekerja sama, hasil belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pensa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is an open access scientific journal to promoting scholarly science education research of interest to a wide group of people since 2012. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas ...