Pembelajaran online mengubah kebiasaan kegiatan belajar-mengajar. Guru perlu beradaptasi untuk mempersiapkan pembelajaran mulai dari perencanaan,pelaksanaan, hingga penilaian pembelajaran. Ini menarik untuk penelitian karena memainkan peran penting dalam kognitif,psikomotor, dan perkembangan afektif siswa selama belajar di rumah. Pembelajaran Online menjadi alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan di era ini. kesiapan sekolah dasar guru dalam pelaksanaan pembelajaran online juga tidak dimaksimalkan. Ada beberapa kendala yang ditemui selama online belajar di masa pandemi ini, termasuk internet yang terbatas akses, beberapa guru belum terbiasa memfasilitasi pembelajaran online siswa, menurunnya motivasi siswa, dan siswa SMK yang masih membutuhkan pendampingan dalam menggunakan pembelajaran teknologi. Perlu koordinasi dari semua pihak untuk bisa memaksimalkan proses pembelajaran, baik sekolah, guru, maupun orang tua. Karena pendidikan bukan hanya tanggung jawab guru. Artikel ini masih perlu dikembangkan mengingat pembelajaran online masih berlangsung. Semoga peneliti dapat melanjutkan penelitian terkait dampak Covid-19 terhadap pendidikan di Indonesia,terutama di tingkat SMK
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022