STLISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 4 No 1 (2019): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

Peningkatan Memahami Teks Cerita Siswa Menggunakan Metode PQ4R

Susana Dewi (Unknown)
Muhammad Saihu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran membaca wacana, Siswa sulit memahami Teks Cerita Inspiratif dengan menjawab pertanyaan bacaan yang isinya memuat garis besar isi bacaan.Alternatif untuk memecahkan permasalahan ini dipilih metode yang sesuai yaitu Metode PQ4R. Dengan metode ini siswa dapat meningkatkan kemampuan memahami Teks Cerita Inspiratif .Tujuan dari penelitian ini adalah “untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Cerita Inspiratif Dengan Metode PQ4R siswa IX-C SMP Negeri 1 Martapura Kabupaten Banjar Semester Genap tahun pelajaran 2018/2019”. hasil penelitian dapat disimpulkan hal hal berikut : Peningkatan kemampuan memahami Teks Cerita Inspiratif dapat dilihat dari Hasil pengamatan aktivitas meningkat dari siklus I ke siklus II. Komponen yang berkualifikasi cukup pada siklus sbeelumnya meningkat menjadi kualifikasi cukup baik, begitu juga dari kualifikasi cukup baik menjadi baik.Hasil kemampuan siswa menyelesaikan LKS meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata tes pemahaman terhadap Teks Cerita Inspiratif meningkat dari 14,08 dari siklus I ke siklus II (dari 70,31 menjadi 84,38). Ketuntasan belajar sebagai indikator peningatan pemahaman Teks Cerita Inspiratif secara klasikal juga meningkat 31,04% dari siklus I ke siklus II (dari 59,28 menjadi 90,32%)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

STI

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

STILISTIKA merupakan jurnal yang memuat tulisan/artikel hasil penelitian dan kajian/telaah setara penelitian yang mengkaji tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Jurnal ini terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa ...