JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya)
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP)

PROFIL KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU FISIKA DALAM MENDESAIN EKSPERIMEN PADA PERKULIAHAN EKSPERIMEN FISIKA 1

Heriansyah - (Unknown)
Febriyanti - (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2018

Abstract

Kegiatan eksperimen pada pembelajaran fisika di perguruan tinggi sangat perlu dikembangkan, terutama untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mendesain eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan mahasiswa calon guru Fisika dalam mendesain eksperimen. Kegiatan desain eksperimen sangat sesuai menggunakan eksperimen yang bersifat open inquiry. Data penilaian kemampuan mahasiswa dalam mendesain eksperimen diperoleh melalui lembar observasi. Hasil observasi yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa cukup baik dalam mendesain eksperimen. Adapun penilaian skor kemampuan mahasiswa pada tujuh aspek berada pada rentang 1,58 – 1,99. Dari ketujuh aspek penilaian diperlukan peningkatan kemampuan pada aspek penentuan jenis eksperimen dan aspek penyusunan laporan eksperimen. Kemampuan mahasiswa dalam mendesain eksperimen yang cukup menonjol berada pada aspek mengidentifikasi alat/bahan dan merangkai alat serta merumuskan prosedur dan pelaksanaan eksperimen.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jifp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings related to physics (Materials, Computation, and Theory) and education physics (learning media ...