Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat KPS Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada praktikum Pembiasan pada kaca plan paralel fisika dasar II terhadap penggunaan e-module. jenis penelitian adalah jenis penelitian deskriptif. kuantitatif. penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober tahun 2019. Jumlah sampel dalam penelitian ini ialah seluruh mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2018 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel, yaitu total sampling. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi keterampilan proses sains yang sudah divalidasi. Data keterampilan proses sains yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Pada penelitian KPS Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada praktikum pembiasan kaca plan paralel dengan menggunakan e-modul menunjukan bahwa tingkat keterampilan proses sains mahasiswa tergolong pada tingkatan yang sangat baik. Hasil dari penelitian yang diperoleh masuk ke kriteria sangat baik mahasiswa mampu melakukan percobaan secara terampil dan benar misalnya, mahasiswa terampil dalam mengobservasi, mengukur, menganalisis percobaan dan melakukan percobaan. Jadi pengunaan e-modul dapat meningkatkan tingkat keterampilan proses mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan prtaktikum
Copyrights © 2019